Mengenal Icecast



Hai Teman-teman,
Malam kali ini saya akan membahas sedikit tentang Icecast



A. Pengertian

Icecast adalah media streaming project yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas yang dipertahankan oleh yayasan Xiph.org.Icecast diciptakan pada bulan Desember 1998 / Januari 1999 oleh Jack Moffitt dan Barath Raghavan untuk memberikan open source audio server streaming yang siapa pun bisa memodifikasi, menggunakan.Versi 2 dimulai pada tahun 2001, sebuah penulisan peningkatan yang bertujuan dukungan multi-format (awalnya menargetkan Ogg Vorbis ) dan skalabilitas; rewrite ini dirilis pada Januari 2004.

B. Rincian Teknis

Icecast server mampu melakkan streaming konten audio sebagai Opus atau Vorbis melalui standar HTTP, video sebagai WebM atau Theora melalui HTTP, MP3 selama protokol komunikasi yang digunakan oleh SHOUTcast, AAC, dan NSV, melalui protokol SHOUTcast (Theora, AAC, dan NSV hanya didukung dalam versi 2.2.0 dan yang lebih baru).
Icecast membutuhkan program eksternal, yang disebut "source clients", dan proyek Icecast termasuk program source clients yang dikenal sebagai IceS. Sumber itu berjalan di tempat di mana audio yang dihasilkan (misalnya, sebuah studio). Sejak versi 2.4.0 source clients dapat menggunakan standar HTTP permintaan PUT polos bukan metode SUMBER kustom.

C.Format

Berikut ini tabel format yang mendukung Icecast
Source ClientsInput FormatsOutput Formats
MP3AACOggVorbisFLACWAVMP3AAC/AAC+OggVorbisOggOpusOggFLACNSVvideoOggTheoravideoWebMvideo
IceS 0.4YesNoYesNoNoYesNoNoNoNoNoNoNo
IceS 2.0NoNoYesNoNoNoNoYesNoNoNoYesNo
LiquidsoapYesYesYesYesYesYesYesYesYesYesNoYesNo
Live DSPInputN/AN/AN/AN/AN/AYesYesYesYesYesYesYesYes

Itu saja dari saya ,semoga bermanfaat.
sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Icecast





    Popular Posts