Evaluasi Pertama di BLC Telkom Klaten




Selama malam kawan-kawan,

Pagi tadi saya dan teman saya andika maju untuk melakukan evaluasi.Karena setiap hari sabtu di BLC Telkom Klaten kita semua melakukan evaluasi.Evaluasi dilakukan untuk membahas suatu program kerja yang telah dibuat dalam satu minggu ini dan juga menanyakan jika dalam program kerja tersebut mengalami gangguan.Dan saya disini menjadi operator dan andika yang menjelaskan program kerja yang telah kita buat bersama.



Pada hari senin, kami melakukan konfigurasi dasar mikrotik, mulai dari menambahkan identity pada MikroTik, memberikan comment pada interface, memberikan IP pada interface, dan merealisasikan topologi sederhana.
Di hari selasa, kami kembali melakukan konfigurasi MikroTik yang sedikit lebih rumit, jika sebelumnya kami hanya melakukan konfigurasi dengan satu interface, kali ini kami mencoba menghubungkan dua client yang berbeda segment dengan menggunakan MikroTik, dan tidak ada halangan. Selain melakukan konfigurasi dengan dua client yang berbeda segment kami juga mencoba melakukan konfigurasi DHCP sehingga client akan secara otomatis mendapatkan IP dan tidak perlu mengisi IP secara manual. Pada konfigurasi DHCP kami sempat mengalami kendala karena ada kesalahan pada setting IP Pool, tapi setelah di otak atik kembali akhirnya berhasil. Pada hari rabu, kami melakukan management bandwidth, dan hasilnya interface yang kami limit bandwidth nya mempunyai koneksi yang cukup lambat. Selain itu, kami juga mencoba membuat hotspot dengan MikroTik dan tidak ada masalah.
Lalu pada hari Kamis, kami membuat dan mempresentasikan topologi yang kami ibaratkan ada di sekolah kami, setelah mempresentasikan topologi yang kami rancang, kami kembali ke MikroTik dan mencoba untuk menambahkan user di hotspot kami.
Terakhir pada hari Jum'at, kami melakukan routing dan berkolaborasi dengan siswa dari sekolah lain, saat itu kami dari SMK Negeri 1 Binangun berkolaborasi dengan SMK Negeri 1 Purbalingga. Saat melakukan routing kami sempat mengalami kendala karena lupa mensetting IP Client sesuai dengan interface yang ada sehingga meskipun router satu dan router dua sudah terhubung kedua client belum bisa berkomunikasi, tapi setelah kami cek kembali pengalamatan IP nya kami berhasil menyelesaikannya. Pada hari jum'at kami juga mencoba untuk memblokir situs dengan Web Proxy, kami sempat mengalami kendala karena kesalahan penulisan alamat yang akan di blokir. Setelah mencoba memblokir situs, kami mencoba winbox secara wireles, saat itu koneksi nya sedikit lelet dibanding di hubungkan secara wired. Dan yang terakhir kami mencoba me repeat hotspot dari ponsel kami, namun saat itu kami belum berhasil karna versi winbox nya belum support.


itulah evalusi yang kami lakukan pada pagi hari tadi,Selamat malam

    Popular Posts