Mengenal Cluster


a.Pengertian

komputer cluster terdiri dari satu set longgar atau ketat terhubung komputer yang bekerja sama sehingga, dalam banyak hal, mereka dapat dilihat sebagai sistem tunggal. Tidak seperti komputer jaringan , cluster komputer memiliki setiap node set untuk melakukan tugas yang sama, dikendalikan dan dijadwalkan oleh perangkat lunak.

B.Sejarah

Sejarah cluster komputer awal adalah lebih atau kurang langsung terkait ke dalam sejarah jaringan awal, sebagai salah satu motivasi utama untuk pengembangan jaringan adalah untuk menghubungkan sumber daya komputasi, menciptakan de facto komputer cluster. Hal ini memungkinkan hingga empat komputer, masing-masing dengan satu atau dua prosesor, akan erat digabungkan ke subsistem penyimpanan umum disk untuk mendistribusikan beban kerja. Tidak seperti sistem multiprosesor standar, setiap komputer bisa restart tanpa mengganggu keseluruhan operasi.Komersial produk pengelompokan longgar digabungkan pertama adalah Datapoint corporation dikembangkan pada tahun 1977, dan menggunakan ARCnet sebagai antarmuka cluster.Dalam rentang waktu yang sama, sementara kelompok komputer yang digunakan paralelisme luar komputer pada jaringan komoditas, super komputer mulai menggunakannya dalam komputer yang sama.Keberhasilan CDC6600 pada tahun 1964,dan memperkenalkan paralelisme internal yang melalui pengolahan vektor . Sementara superkomputer awal dikecualikan cluster dan mengandalkan memori bersama , dalam waktu beberapa superkomputer tercepat  mengandalkan arsitektur cluster.

C.Fitur Cluster

1.Load balancing
cluster konfigurasi di mana cluster node berbagi beban kerja komputasi untuk  memberikan kinerja yang lebih baik secara keseluruhan. server web klaster dapat menetapkan pertanyaan yang berbeda untuk node yang berbeda, sehingga waktu respon secara keseluruhan akan dioptimalkan.

2.Fail Over
meningkatkan ketersediaan pendekatan klaster. Mereka beroperasi dengan memiliki berlebihan node, yang kemudian digunakan untuk memberikan layanan ketika komponen sistem gagal. HA implementasi klaster mencoba menggunakan redundansi komponen klaster untuk menghilangkan titik tunggal kegagalan . Ada implementasi komersial dari cluster Tinggi Ketersediaan untuk banyak sistem operasi.

Sumber
https://en.wikipedia.org/wiki/Computer_cluster

    Popular Posts