Mengenal SMS Gateway



A.Pengertian

SMS Gateway adalah suatu platform yang menyediakan mekanisme untuk EUA menghantar dan menerima SMS dari peralatan mobile (HP, PDA phone, dll) melalui SMS Gateway’s shortcode (sbg contoh 9221).

B.Cara Kerja

SMS Gateway membolehkan UEA untuk berkomunikasi dengan Telco SMSC (telkomsel, indosat, dll) atau SMS platform untuk menghantar dan menerima pesan SMS dengan sangat mudah, Karena SMS Gateway akan melakukan semua proses dan koneksi dengan Telco. SMS Gateway juga menyediakan UEA dengan interface yang mudah dan standar.
UEA dapat berupa berbagai aplikasi yang memerlukan penggunaan SMS. Seperti berbagai aplikasi web yang telah banyak menggunakan SMS (free sms, pendaftaran, konfirmasi melalui SMS, aplikasi perkantoran, dsb), CMS, acara pengundian di televisi, dll.UEA melakukan komunikasi dengan SMS Gateway melalui Internet menggunakan standard HTTP GET atau HTTPS (untuk komunikasi yang aman).Telco SMSC akan menghantar pesan (SMS) tersebut kepada perusahaan SMS Gateway (sesuai dengan nomor yang telah disewa) dengan menggunakan protokol yang khusus. Dan berdasarkan keyword yang telah dituliskan pada SMS, maka sistem SMS Gateway akan menghantar SMS tersebut ke URL yang telah ditentukan. UEA dapat menghantar SMS reply kepada pelanggan melalui SMS Gateway tersebut. Dan UEA dapat menentukan besarnya biaya (charging) yang akan dikenakan kepada pelanggan. Biasanya telah ditentukan regulasi biayanya (microcharging mechanism), contoh Rp 0 (gratis); Rp 500,- ; Rp 1000,- ; Rp2000,- dst.

C.Kebutuhan sms gateway
  1.  Kebutuhan Perangkat Keras
  • Untuk kebutuhan SMS Gateway tidak terlalu belebihan dan juga fleksibel karena bisa dibuat dengan PC maupun Notebook. Yang mutlak dibutuhkan adalah sebuah komputer,
  • sebuah ponsel / modem
  • kabel data (Kabel berantarmuka serial yang dapat menghubungi ponsel dengan PC) atau dapat munggunakan InfraRed dan peranti lunak sebagai SMS Gateway
   2.  Software yang digunakan
  • Kalkun
  • Gammu
  • Wammu
  • Jamrud
  • SAGA 2

D.Implementasi
1.GSM gerbang alat

Sebuah gateway langsung ke ponsel adalah perangkat yang memiliki built-in konektivitas GSM nirkabel. Hal ini memungkinkan pesan teks SMS yang akan dikirim dan / atau diterima oleh email, dari halaman Web atau dari aplikasi perangkat lunak lain dengan mengakuisisi pengenal unik dari ponsel atau "kartu SIM". gateway Direct-to-mobile berbeda dari agregator SMS, karena mereka dipasang di jaringan organisasi sendiri dan terhubung ke jaringan seluler lokal.

Koneksi ke jaringan seluler dibuat dengan mengakuisisi sejumlah kartu SIM dari operator seluler dan memasangnya di pintu gerbang. Biasanya, direct-to-mobile peralatan gerbang yang digunakan untuk ratusan hingga ribuan pesan teks per bulan. peralatan yang lebih modern sekarang menawarkan kemampuan mengirim hingga 100.000 pesan setiap hari. Beberapa vendor yang secara historis menyediakan peralatan GSM Gateway untuk suara juga memiliki kemampuan SMS. Beberapa lebih primitif daripada yang lain. Perangkat lebih mampu dirancang dengan manajemen SIM untuk mengatur jumlah pesan SMS per SIM, ODBC untuk koneksi ke database, dan HTTP antarmuka untuk berinteraksi dengan aplikasi pihak ketiga.
Peraturan

perangkat gateway GSM ditutupi oleh Undang-Undang Wireless Telegrafi di Inggris dan dapat secara legal digunakan oleh setiap bisnis untuk mengirim SMS kepada pelanggan mereka sendiri atau prospek saat menggunakan peralatan gateway mereka sendiri. Di Kanada, penyedia SMS gateway diatur oleh Asosiasi Telekomunikasi Nirkabel Kanada (CWTA / txt.ca). Di India itu diatur oleh Telecom Regulatory Authority of India (Trai). Di Pakistan itu diatur oleh Pakistan Telecommunication Authority (PTA).
Direct-to-SMSC

SMSC gateway adalah aplikasi perangkat lunak, atau komponen dalam aplikasi perangkat lunak, yang menghubungkan langsung ke SMSC operator mobile melalui internet atau koneksi leased line langsung. The Short Message Peer to Peer(SMPP) protokol biasanya digunakan untuk menyampaikan SMS antara aplikasi dan SMSC. gateway-to-SMSC langsung digunakan oleh agregator SMS untuk menyediakan layanan SMS kepada klien mereka dan bisnis besar yang bisa membenarkan penggunaan tersebut. Mereka biasanya digunakan untuk olahpesan volume tinggi dan memerlukan kontrak langsung dengan operator seluler.
Direct-to-SMS gateway

Gateway SMS biasanya duduk antara pengguna akhir yang membutuhkan untuk mengirim / menerima SMS dan jaringan mobile SMSC. gateway seperti menyediakan pilihan protokol, termasuk HTTP, SMTP, SMPP dan layanan Web. Penyedia layanan SMS gateway termasuk agregator SMS dan operator seluler. SMS gateway juga tersedia sebagai bagian dari layanan pesan seperti AOL, ICQ dan lain-lain.

Gateway SMS menghubungkan dengan  SMSC jaringan selular untuk mengirim / menerima pesan dan / atau SMS gateway lainnya untuk mencapai pelanggan mobile di beberapa jaringan mobile. Oleh karena itu mungkin bahwa gateway SMS memiliki kombinasi koneksi SMSC jaringan selular dan koneksi dengan SMS gateway lainnya dalam rangka memberikan layanan. Namun, ada potensi meningkat untuk masalah pengiriman dengan SMS semakin besar jumlah SMS gateway dalam rantai pengiriman.

Referensi


    Popular Posts